Hackintosh - Breaking the rules of Mac OS!


eichiar.blogspot.com
Gambar : Hackintosh - Think really different
Untuk kalangan awam atau mungkin juga bagi kebanyakan orang hanya mengetahui bahwasanya Sistem Operasi (Operating System) dari Apple.Inc yaitu Machintosh OS dapat berjalan di perangkat dari perusahaan ini saja seperti Macbook. Tetapi, ada sebuah komunitas bernama Hackintosh yang berhasil meretas (Hacking) sistem operasi ini sehingga dapat digunakan untuk PC Intel yang bukan Macbook. Untuk lebih jelasnya tentang Hackintosh, akan saya jelaskan dibawah ini.

Hackintosh atau dikenal dengan Mac OS X86 adalah sebuah sistem operasi yang merupakan hasil hacking dengan dasar Mac OS X versi Intel. Tujuannya ialah menghadirkan sistem operasi Mac OS X kepada pengguna PC Intel. Setelah bertahun-tahun Apple dipasarkan dengan platform PowerPC dan sudah bertahun-tahun pula antusias Mac yang menggunakan PC ingin merasakan nuansa Apple Mac pada komputernya. Tepatnya bulan Juni 2005 Apple mengumumkan bahwa platform PowerPC akan ditinggalkan dan berubah ke platform Intel. Hal ini diungkapkan pada Worldwide Developers Conference. (sumber : wikipedia).

Jadi, intinya kalian dapat menggunakan PC atau Laptop kalian selayaknya Macbook dengan hadirnya Hackintosh ini. Untuk kalian yang penasaran bagaimana kelayakan atau kompatibilitas dari sistem operasi ini kalian dapat langsung mengunjungi website resmi dari Hackintosh ini dan disana juga ada Dukungan Komunitas (Community Support) dari sistem operasi ini. Kalian dapat mempelajari dari sini jika ingin mencoba menggunakan sistem operasi Hackintosh ini. Terdapat banyak versi dari Hackintosh ini yang dapat digunakan mulai dari  : 

  • Yosemite (10.10)
  • El Capitan (10.11)
  • Sierra (10.12)
  • High Sierra (10.13)
  • Mojave (10.14) beta version public
Seperti yang kalian ketahui, beta version atau bisa dibilang versi uji coba berarti sistem operasi tersebut masih dalam tahap pengembangan dimana biasanya masih terdapat bug atau gangguan. Tujuan dilakukannya beta version ini agar membantu developer dalam mengembangkan aplikasi hingga menjadi stable version (versi stabil) dengan melaporkan bug atau error kepada developer.

Bagi yang penasaran apakah saya sendiri sudah mencoba sistem operasi ini atau belum, saya sudah mencobanya sendiri di perangkat saya dengan spesifikasi sebagai berikut : 

eichiar.blogspot.com
Gambar : Acer Aspire E1-472G
  • Processor : Intel Core i5-4200U 1.6Ghz with Turbo Boost up to 2.6Ghz
  • Nvidia GeForce GT 720M with 2 GB Dedicated VRAM
  • 4 GB DDR3 L Memory
  • 1 TB HDD
Untuk diperangkat ini, saya menggunakan Hackintosh Mac OS High Sierra (10.13) dan berjalan dengan sangat baik. Perlu dicatat bahwa jika kalian ingin mencoba menggunakan sistem operasi ini kalian perlu mengetahui sedikit tentang PC atau Laptop kalian karena membutuhkan banyak penyesuaian diberbagai sisi. Untuk tutorial, di website resminya sudah diberikan atau kalian bisa mencarinya di situs ini . Situs yang saya berikan memberikan tutorial tentang penginstallan Hackintosh dan untungnya ber-Bahasa Indonesia. Jadi bagi kalian yang kesulitan dengan Bahasa Inggris, situs ini bisa dijadikan alternatif lain.

eichiar.blogspot.com
Gambar : Hasil Capture Laptop Saya menggunakan High Sierra
eichiar.blogspot.com
Gambar : spesifikasi Hackintosh High Sierra


Sekian saja untuk kali ini, selamat mencoba bagi kalian yang pensaran atau ingin menggunakan sistem operasi ini. Resiko ditanggung sendiri ya ^^.

Selamat mencoba ^^

Eich-I-Ar

tags : hackintosh download hackintosh kaskus hackintosh zone hackintosh indonesia hackintosh download iso cara instal hackintosh hackintosh laptop hackintosh amd

Post a Comment

0 Comments