Nmap (Network Mapper) - Aplikasi kecil yang sangat powerfull!

Kali ini saya akan membahas tools yang biasa dipakai untuk kebutuhan Networking yang telah banyak digunakan dan populer pastinya yaitu Nmap (Network Mapper). Bagi kalian yang menyukai dunia Networking dan bercita - cita menjadi seorang yang ahli di bidang Networking, aplikasi satu ini wajib kalian coba dan pastinya powerfull dan fiturnya sangat banyak.

nmap
Tampilan Nmap di Windows 10
Nmap (Network Mapper) adalah tools open source dan terbuka untuk scanning jaringan dan audit keamanan. Nmap pertama kali dibuat oleh Gordon Lyon, biasa dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich.

Nmap ada 2 jenis yang biasa dipakai yaitu Nmap sendiri untuk CLI-nya (Command Line Interface) dan Zenmap untuk GUI-nya (Graphical User Interface). Lebih jelasnya jika kalian ingin menggunakan Nmap di Terminal (Linux) atau Command Prompt (Windows) bisa menggunakan Nmap, atau jika kalian ingin menggunakannya dalam bentuk yang lebih menarik dengan antar muka yang mudah dipahami, bisa menggunakan Zenmap.

zenmap
Tampilan Zenmap di Windows 10
Fitur yang ada pada Nmap yaitu :
    • Memeriksa Operating System suatu jaringan
    • Memeriksa port apa saja yang terbuka/tertutup/tersaring(filtered)
    • Mendapatkan info secara utuh dari suatu jaringan
    • Memeriksa apakah ada kelemahan di port tertentu
    • Memeriksa host yang ada
    • Memeriksa suatu jaringan menggunakan layanan apa (ex: Cloudflare, Niagahoster)
nmap-command
Contoh Penggunaan Nmap
Gambar diatas hanya sebagai contoh cara penggunaan Nmap dan hasil yang ditampilkan, ada port yang terbuka dan layanan yang digunakan seperti layer dll masih banyak lagi kalo kalian ingin mengulas lebih dalam lagi. Untuk kali ini saya hanya akan mengenalkan Nmap saja, untuk tutorial saya akan menjelaskannya di postingan selanjutnya.



Singkatnya dengan menggunakan Nmap, kita dapat tau informasi dari suatu jaringan mulai dari host, Operating System (ex: Windows Vista, Linux Ubuntu), port (ex:80, 44), status port (ex: filtered, closed, open), keterangan apakah jaringan itu aman atau tidak (Vulnerable or Invulnerable) dan masih banyak lagi kemampuan dari software yang sangat powerfull ini menurut saya.

Kalian dapat mendownload Nmap di website resminya atau dapat klik di sini. Itu saja untuk kali ini, feel free untuk kalian explore lebih dalam lagi atau kalo ada pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar. Terimakasih banyak dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.



Selamat mencoba ^^


Eich-I-Ar

Post a Comment

3 Comments

  1. maaf kak mau nanya :bagaimana caranya membuka nmap yg u cli nya kak, karena saya downloadnya cuman bisa yg gui saja. sama mohon tutorialnya y kak
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial cara menggunakannya kak,
      terima kasih

      Delete
    2. Akan saya bikin segera ya tutorial mengenai NMAP yang saya ketahui, serta beberapa fungsi dari NMAP itu sendiri. Stay tuned :)

      Delete