Top 5 Distro Linux untuk Produktivitas

eichiar.blogspot.com
Top 5 Distro Linux by Eichiar


Topik kali ini menurut saya pribadi cukup sulit untuk menentukan yang terbaik. Karena apa ? Pertama, linux itu sendiri adalah sebuah sistem operasi yang sangat produktif secara desain juga stabil sangat bisa diandalkan. Yang Kedua, agar dapat menggunakan Linux secara efektif kita harus tahu dulu akan digunakan untuk apa Linux ini nantinya. Sekolah ? Kantor ? Development (Pengembangan) ? Dengan pertanyaan ini saja kita dapat menjadi bingung karena saya pribadi ingin semuanya.

Tapi tetap saja, setiap hal di dunia ini terdapat kekurangannya atau kelemahannya. Yah, seperti yang telah banyak dikatakan orang - orang bahkan kalian pun mengetahuinya


"NOTHINGS PERFECT". 

Ada yang mungkin bagus untuk development, tapi ribet digunakan. Ada yang easy-to-use tapi kurang lengkap atau kalian kurang merasakan FEELnya saat menggunakan sistem operasi tersebut. Yang jelas, perspektif orang - orang dalam menanggapi sesuatu itu berbeda - beda terlepas dari BENAR atau SALAHnya. Termasuk juga pendapat saya dengan kalian para pembaca blog eichiar ini.

Untuk lebih jelasnya dalam meningkatkan produktivitas dalam menggunakan Linux, telah dibagi menjadi 5 berdasarkan sumber yang saya ambil sebagai ide tulisan ini. Penggunaannya juga bervariatif untuk setiap orang, tapi akan saya bagi seperti berikut :

  • Penggunaan Umum (Harian) : Untuk yang ingin menggunakan Linux sehari - hari dan menyelesaikan tugas multi-tasking.
  • Desain Grafis (Editing) : Untuk yang bekerja dengan kreativitas dan memanipulasi gambar grafis.
  • Development (Pengembangan) : Untuk yang menggunakan Linux sebagai Programming.
  • Administrasi : Untuk yang membutuhkan Linux mengatur pekerjaan sistem administrasi. 
  • Edukasi :  Untuk yang menggunakan Linux sebagai sarana meningkatkan edukasi atau pengetahuannya.
Sebenarnya ada banyak hal selain diatas dalam penggunaan Linux, tapi saya kategorikan saja yang bersifat umum.

Penggunaan Umum (Harian)

Dalam hal ini, menurut saya tidak ada yang lebih memuaskan dibanding Ubuntu. Alasan utamanya yaitu Aplikasi, Layanan dan Desktop yang Kaya dan Pengguna awam pun bisa menggunakannya dengan sedikit latihan (jika beralih dari Windows). Hal yang spesialnya yaitu Desktop bawaannya GNOME, dengan banyak ektensi didalamnya. Kenapa tidak Mint ? Ya karena banyak ektensi dari GNOME yang sangat membantu menurut saya (karena Desktop Mint bawaannya MATE). 

Untuk menulis paper, spreadsheet, coding aplikasi, membuat website, membuat gambar, administer sebuah jaringan atau server, dan lain-lain Ubuntu mengcover semuanya. Karena berbasis Debian jadi mudah untuk digunakan dan tidak perlu banyak usaha. 

Desain Grafis (Editing)

eichiar.blogspot.com
Tampilan Fedora Suite

Untuk urusan ini serahkan kepada Fedora Design Suite. Dibuat oleh tim yang menangani Fedora di bagian seni. Untuk bawaan aplikasinya tidak sebanyak dan selengkap Ubuntu mungkin, tetapi yang ada didalamnya murni untuk kebutuhan Desain Grafis seperti manipulasi gambar dan lain-lain.

Dengan aplikasi seperti GIMP, Inkscape, Darktable, Krita, Entangle, Blender, Pitivi, Scribus dan banyak lagi merupakan semua hal yang dibutuhkan untuk editing grafis. Tidak berhenti sampai disitu, Fedora disertai dengan tutorial dari aplikasi yang telah ada. Jadi sangat bagus bagi orang yang hobi dengan desain grafis karena disertai dengan tutorialnya juga.



Development (Pengembangan)

eichiar.blogspot.com
Tampilan POP!_OS

Hampir semua Linux bagus untuk Programmer. Tapi ada yang terbaik dari segalanya dibidang Development yaitu POP!_OS dari system76. POP!_OS dibuat khusus untuk kreator, tapi bukan yang artistik melainkan untuk pengembangan, koding, programming. Selain fiturnya yang dikhususkan untuk development, Desktopnya juga menggunakan GNOME yang sudah stabil. Di POP!_OS kita dapat mendownload ISO untuk video hardware kita yang membuatnya semakin mudah dan mantap. Semua dapat ditemukan di POP Shop.

Administrasi
Jika mencari distro yang yang sangat produktif untuk bidang administrasi, Debian jawabannya. Karena tidak hanya sangat bisa diandalkan, juga merupakan distro terbaik diluaran sana. Mudah digunakan dan Kaya akan potensi. Debian merupakan distro yang banyak melahirkan distro lainnya atau dalam kata lain banyak sistem operasi Linux yang menggunakan Debian sebagai dasarnya. Banyak tools administrasi dalam debian seperti menggunakan SSH atau browser. Juga kaya akan Desktop Environment seperti GNOME, KDE, MATE, Xfce, Cinnamon.

Edukasi
Pernah mendengar Edubuntu ? Beginilah potretnya saat ini. 5 foto ini akan membuatmu tercengang! HAHAHA, kayak timeline berita Line Todat aja!. Sekarang ada sistem operasi yang khusus untuk edukasi dengan dasar openSUSE yaitu openSUSE:Education-Li-f-e(Linux For Education). Terdapat tools seperti :
  • Brain Workshop - A dual n-back brain exercise
  • GCompris - An educational software suite for young children
  • gElemental - A periodic table viewer
  • iGNUit - A general purpose flash card program
  • Little Wizard - Development environment for children based on Pascal
  • Stellarium - An astronomical sky simulator
  • TuxMath - An math tutor game
  • TuxPaint - A drawing program for young children
  • TuxType - An educational typing tutor for children
  • wxMaxima - A cross platform GUI for the computer algebra system
  • Inkscape - Vector graphics program
  • GIMP - Graphic image manipulation program
  • Pencil - GUI prototyping tool
  • Hugin - Panorama photo stitching and HDR merging program


Juga terdapat KIWI -LTSP Server yang fleksibel, dan powerfull untuk sekolah, bisnis dan lain-lain. 

Mungkin itu saja untuk pembahasan kali ini, jika ada ide kalian tentang Linux terbaik silahkan komen dibawah dan semoga bermanfaat untuk kalian semua^^.

Selamat Belajar^^

Eich - I - Ar

linux produktivitas linux ubuntu fedora kali linux manjaro opensuse pop!_os mate gnome kde xfce cinnamon soap gui programming coding development program general umum mahasiswa pelajar

Post a Comment

0 Comments