Tips & Trik - Can't Find Pcap DAQ SNORT

eichiar.blogspot.com
Can't Find pcap DAQ
Melanjutkan postingan tentang SNORT lalu, saya ingin membagikan Tips & Trik yang mungkin sedikit bermanfaat bagi teman - teman semua (bagi saya sangat bermanfaat karena sangat membantu sekali ^^).

Apa itu Tips & Triknya ? Apakah ada sulap ? Oh tentu tidak, hmm mungkin ada sedikit blink untuk sulapnya hahaha. Maafkan ketidak jelasan saya ^^.

Saya pernah menjalankan SNORT di Laptop saya dengan Sistem Operasi Kali Linux 2018.4, lalu saat menjalankan SNORT saya mendapat peringatan "Can't find pcap DAQ!". Awalnya saya bingung, karena setahu saya sudah mengikuti tutorial install SNORT resmi dan berhasil sampai installnya. Lalu saat dijalankan kenapa ada peringatan seperti ini ?


Setelah saya berselancar di dunia maya (eaaaaa, gayanyaa), saya menemukan bahwa untuk kasus seperti diatas hanya perlu menjalankan command berikut :

sudo snort -de -i en0 --daq-dir /usr/local/lib/daq

Hal seperti ini terjadi biasanya karena sistem dari SNORT tidak membaca adanya pcap DAQ pada saat kita menjalankan SNORT tersebut, jadi kita harus memastikan direktorinya secara manual saat menjalankan SNORT yaitu dengan menambahkan argumen --daq-dir /usr/local/lib/daq.

Fungsinya agar sistem dapat mengetahui file pcap DAQnya saja.

Dan setelah saya coba command diatas, saya bisa menjalankan SNORT tanpa ada kendala.

Mungkin itu saja untuk Tips & Trik untuk masalah yang ada pada saat running SNORT yang saya temukan, jika ada hal lain mungkin akan saya share di postingan selanjutnya.

Selamat Mencoba  ^^

Eich - I - Ar

snort, pcap, daq, error, linux, tips dan trik, tutorial, kali linux, ubuntu, manjaro, arch linux, sourceforge, stackoverflow

Post a Comment

0 Comments